RPP PKn Kelas 1 Semester 1

Sabtu, 02 Februari 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah     :.............................................
Mata Pelajaran   :
PKn
Tema                    : Keluarga
Kelas/ Semester   : I / 1 (satu)
Materi Pokok      : Contoh Hidup Rukun di Rumah dan di Sekolah
Alokasi Waktu    : 2 x 35 menit (1X pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
Pkn:
1.      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

Bahasa indonesia:
1.      Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan.

SBK:
4.    Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.

B.         Kompetensi Dasar
PKn:
1.2    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia:
1.2  Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.

SBK:
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.


C.         Indikator Pembelajaran
PKn:
·        Menjelaskan tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah dan di sekolah.
·        Memberi contoh bentuk-bentuk hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
·        Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan di rumah dan di sekolah.
·        Menjelaskan pentingnya menjaga hidup rukun di rumah dan di sekolah.
·        Menerapkan perilaku hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.

Bahasa Indonesia:
·         Mendeskripsikan hasil pengamatan yang dilakukan siswa.

SBK:
·         Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.

D.          Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, maka diharapkan:
         Pkn:
·         Siswa dapat Menjelaskan tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah dan di sekolah
·         Siswa dapat memberikan contoh bentuk-bentuk hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa dapat menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan di rumah dan di sekolah.
·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga hidup rukun di rumah dan di sekolah
·         Siswa dapat menerapkan perilaku hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.

Bahasa Indonesia:
·        Siswa dapat mendeskripsikan hasil pengamatan yang dilakukan siswa.


SBK:
·         Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.


E.          Karakter Siswa yang Diharapkan :            Toleransi.
        Saling menyayangi satu sama lain.
        Saling Berbagi.
        Tanggung jawab.

F.           Materi Pokok
·         Hidup rukun di rumah dan sekolah.

G.         Metode Pembelajaran
Pendekatan                   : Konstruktivisme
Model                             : Picture and picture
Metode Pembelajaran  : Pemberian tugas, ceramah, dan tanya-jawab.

H.         Sumber dan Alat Pembelajaran
Media / Alat       : Gambar hidup rukun di rumah dan di sekolah, film pendek contoh
                                      hidup rukun di rumah dan di sekolah, LKS (lembar kerja individu).
Sumber              : Buku BSE Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI Kelas I, Departemen
Pendidikan Nasional Penerbit PT. Pustaka Insani Madani hal. 19-21.

I.              Kegiatan Pembelajaran Siswa
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.         Guru memasuki ruang kelas yang akan diteliti setelah bel berbunyi.
2.         Guru membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa, kemudian menanyakan siswa yang tidak hadir.

Apersepsi dan Motivasi: Menyanyikan lagu anak yang dikuasai sesuai dengan materi pelajaran.


Sayang Semuanya
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya

Siapakah nama ayahnya?
Siapakah nama ibunya?
Siapa nama adiknya?
Siapa nama kakaknya?

b.    Kegiatan Inti (50 menit)
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.       Guru bertanya ke siswa tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah maunpun di sekolah.
2.       Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah  dan di sekolah.
2.      Guru memberi contoh bentuk-bentuk hidup rukun dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
3.      Guru menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan di rumah dan di sekolah.
4.      Siswa menyimak cerita akibat tidak menjaga kerukunan.
5.      Guru menjelaskan manfaat hidup rukun baik di rumah maupun di sekolah.
6.      Guru selanjutnya memberikan lembar kerja siswa ke masing-masing siswa, agar siswa dapat lebih memahamitentang hidup rukun di rumah dan di sekolah.
7.      Lembar kerja siswa dikoreksi bersama-sama dengan guru, kemudian guru membuat kesimpulan tentang topik pelajaran yang telah disampaikan.


v  Konfirmasi
        Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
·        Siswa melaksanakan hidup rukun di rumah dan disekolah..

c.     Kegiatan Penutup (10 menit)
1.       Pemantapan tentang materi pelajaran yang sudah disampaikan.
2.      Siswa dibimbing membuat catatan hasil belajar.
3.      Guru memberikan latihan dan pekerjaan rumah kepada siswa.
4.      Guru menyampaikan materi yang akan disamapaikan pada pertemuan berikutnya.

J.             Penilaian
a.        Bentuk
-        Tertulis
-        Lisan
b.        Jenis
-        Pilihan Ganda
-        Esai
c.         Instrument :
-        Lembar kerja individu dan pekerjaan rumah.

LAMPIRAN
-        Lampiran I             : Peta Konsep Materi
-        Lampiran II                        : Materi
-        Lampiran III           : Media atau Gambar.
-        Lampiran IV           : Skenario Pembelajaran
-        Lampiran V                        : Buku Referensi
-        Lampiran VI           : LKS

0 komentar:

Poskan Komentar

Tata Surya

Proposal PKM-K Rumah Kreatif PGSD

Teori Probabilitas

ELTRAMUS PGSD

Listen Al-Qur'an

Listen to Quran

Game

Akuarium Ku

Free Music Sites
Free Music Sites

Free Music Sites at divine-music.info

Labels

Entri Populer