RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :.............................................
Mata Pelajaran : PKn
Mata Pelajaran : PKn
Tema : Keluarga
Kelas/ Semester : I / 1 (satu)
Materi Pokok : Contoh Hidup
Rukun di Rumah dan di Sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1X pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Pkn:
1.
Menerapkan hidup rukun dalam
perbedaan.
Bahasa indonesia:
1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang
dilisankan.
SBK:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
B.
Kompetensi Dasar
PKn:
1.2
Memberikan contoh hidup rukun
melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia:
1.2
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan
perintah atau petunjuk sederhana.
SBK:
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.
C.
Indikator Pembelajaran
PKn:
·
Menjelaskan tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah dan di sekolah.
·
Memberi contoh bentuk-bentuk
hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
·
Menceritakan akibat jika tidak
menjaga kerukunan di rumah dan di
sekolah.
·
Menjelaskan
pentingnya menjaga hidup rukun di rumah dan di sekolah.
·
Menerapkan perilaku hidup rukun
dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
Bahasa Indonesia:
·
Mendeskripsikan
hasil pengamatan yang dilakukan siswa.
SBK:
·
Menyanyikan
lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, maka diharapkan:
Pkn:
·
Siswa dapat Menjelaskan tentang
bentuk-bentuk hidup rukun di rumah
dan di sekolah
·
Siswa dapat memberikan contoh bentuk-bentuk hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa dapat menceritakan akibat
jika tidak menjaga kerukunan di rumah
dan di sekolah.
·
Siswa dapat
menjelaskan pentingnya menjaga hidup rukun di rumah dan di sekolah
·
Siswa dapat menerapkan perilaku
hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah.
Bahasa Indonesia:
·
Siswa dapat mendeskripsikan
hasil pengamatan yang dilakukan siswa.
SBK:
·
Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan : Toleransi.
Saling
menyayangi satu sama lain.
Saling
Berbagi.
Tanggung
jawab.
F.
Materi Pokok
·
Hidup rukun di rumah dan sekolah.
G.
Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Konstruktivisme
Model : Picture and picture
Metode Pembelajaran : Pemberian tugas, ceramah, dan tanya-jawab.
H.
Sumber dan Alat Pembelajaran
Media / Alat : Gambar hidup rukun di rumah dan di
sekolah, film
pendek contoh
hidup rukun di rumah dan
di sekolah, LKS (lembar kerja individu).
Sumber : Buku BSE
Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI Kelas I, Departemen
Pendidikan Nasional Penerbit PT. Pustaka Insani Madani
hal. 19-21.
I.
Kegiatan Pembelajaran Siswa
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru
memasuki ruang kelas yang akan diteliti setelah bel berbunyi.
2.
Guru membuka pelajaran
dengan salam dilanjutkan dengan berdoa, kemudian menanyakan siswa yang tidak
hadir.
Apersepsi dan
Motivasi: Menyanyikan
lagu anak yang dikuasai sesuai dengan materi pelajaran.
Sayang Semuanya
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya
Siapakah nama ayahnya?
Siapakah nama ibunya?
Siapa nama adiknya?
Siapa nama kakaknya?
b. Kegiatan Inti (50 menit)
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Guru bertanya ke siswa tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah maunpun di sekolah.
2. Guru
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah
dan di sekolah.
2. Guru memberi contoh bentuk-bentuk
hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
baik di rumah maupun di sekolah.
3. Guru menceritakan akibat
jika tidak menjaga kerukunan di rumah
dan di sekolah.
4.
Siswa menyimak cerita akibat
tidak menjaga kerukunan.
5.
Guru
menjelaskan manfaat hidup rukun baik di rumah maupun di sekolah.
6.
Guru selanjutnya
memberikan lembar kerja siswa ke masing-masing siswa, agar siswa dapat lebih
memahamitentang hidup rukun di rumah dan di sekolah.
7.
Lembar kerja siswa dikoreksi bersama-sama dengan guru,
kemudian guru membuat kesimpulan tentang topik pelajaran yang telah disampaikan.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
·
Siswa melaksanakan hidup rukun
di rumah dan disekolah..
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
1. Pemantapan tentang materi pelajaran yang sudah disampaikan.
2.
Siswa dibimbing membuat catatan
hasil belajar.
3.
Guru memberikan latihan dan pekerjaan rumah kepada siswa.
4.
Guru menyampaikan
materi yang akan disamapaikan pada pertemuan berikutnya.
J.
Penilaian
a.
Bentuk
-
Tertulis
-
Lisan
b.
Jenis
-
Pilihan Ganda
-
Esai
c.
Instrument :
-
Lembar kerja individu dan pekerjaan rumah.
LAMPIRAN
-
Lampiran I : Peta Konsep Materi
-
Lampiran II : Materi
-
Lampiran III : Media atau Gambar.
-
Lampiran IV : Skenario Pembelajaran
-
Lampiran V : Buku Referensi
-
Lampiran VI : LKS
0 komentar:
Posting Komentar