RPP CTL Kelas V Semester 2

Rabu, 12 Desember 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KONTEKSTUAL

Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester        : V / 2
Topik / Kegiatan       : Daur Air dan Peristiwa Alam
Waktu                        : 2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan)

A.           Standar Kompetensi :
Siswa memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.

B.            Kompetensi Dasar :
a.         Mendiskripsikan proses daur air.
b.        Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.

C.           Indikator :
a.       Mendeskripsikan proses daur air.
b.      Menyebutkan peristiwa alam yang sering terjadi di Indonesia.

D.           Tujuan pembelajaran
a.         Siswa dapat mendeskripsikan proses daur air.
b.        Siswa dapat menyebutkan peristiwa alam yang sering terjadi di Indonesia.

E.            Materi Pelarajaran
a.         Daur air dan pengaruhnya bagi manusia.
b.        Bencana alam yang terjadi di Indonesia
.
F.            Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a.         Pendekatan CTL.
b.        Ceramah digunakan saat melakukan tugas rutin pada awal dan akhir pembelajaran.
c.         Tanya jawab digunakan saat melakukan tugas rutin pada awal pembelajaran, mengadakan apersepsi dan menyimpulkan materi.
d.        Ekspositori digunakan saat menyajikan materi pokok.
e.         Pemberian tugas dilakukan saat latihan soal dan memberikan pekerjaan rumah.

G.           Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal
1.        Guru memasuki ruang kelas yang akan diteliti setelah bel berbunyi.
2.        Guru membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa, kemudian menanyakan siswa yang tidak hadir.
Apersepsi : Tahukah kamu apakah daur air itu? Bagaimana daur air di Bumi?

b.    Kegiatan Inti
1.        Guru membagi siswa menjadi lima kelompok.
2.        Guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk memahami petunjuk tentang proses daur air dan mendiskusikan, kemudian membuat kesimpulan tentang proses daur air di Bumi.
3.        Setelah 30 menit semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain dan kelompok yang lain menanggapi.
4.        Guru memberi komentar tentang hasil diskusi masing-masing kelompok dan membuat kesimpulan.
5.        Sebagai kegiatan terakhir, guru menjelaskan tentang proses daur air dan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
6.        Sebagai kegiatan akhir, guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.

c.    Kegiatan Akhir
1.        Guru mengajak siswa menyanyikan lagu yang berkaitan dengan proses daur air dan peristiwa alam yang telah diciptakan guru, agar pembelajaran yang mereka alami betul-betul menyenangkan dan berkesan bagi mereka.
2.        Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa.
3.        Menyampaikan materi yang akan disamapaikan pada pertemuan berikutnya.

H.           Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.        Gambar atau bagan proses daur air.
2.        Gambar peristiwa alam.
3.        Buku Smart in Science for Grade V of Primary School, Penerbit Grafindo hal. 193-206.
4.        Lembar kerja siswa (LKS).
5.        Lingkungan sekitar.

I.              Penilaian
1.        Jenis
Tes tertulis.
2.        Prosedur
Penilaian pada akhir pembelajaran.
3.        Soal / instrumen
a.    Latihan.
b.    Pekerjaan rumah


LAMPIRAN
Lampiran I      : Rangkuman Materi
Lampiran II     : Media
Lampiran III   : LKS
Lampiran IV   : Kunci jawaban
Lampiran V     : Format Penilaian      
.............., ......  .................    ..........

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas V


..............................................                                                  .................................................
NIP. ......................................                                                 NIP.........



Lampiran I
Rangkuman Materi
SIKLUS AIR
Air adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi. Secara umum banyaknya air yang ada di planet ini adalah sama walaupun manusia, binatang dan tumbuhan banyak menggunakan air untuk kebutuhan hidupnya. Jumlah air bersih sepertinya tidak terbatas, namun sebenarnya air mengalami siklus hidrologi di mana air yang kotor dan bercampur dengan banyak zat dibersihkan kembali melalui proses alam.
Proses siklus hidrologi berlangsung terus-menerus yang membuat air menjadi sumber daya alam yang terbaharui. Jumlah air di bumi sangat banyak baik dalam bentuk cairan, gas / uap, maupun padat / es. Jumlah air seakan terlihat semakin banyak karena es di kutub utara dan kutub selatan mengalami pencairan terus-meners akibat pemanasan global bumi sehingga mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi.
Macam-Macam dan Tahapan Proses Siklus Hidrologi :
A.   Siklus Pendek / Siklus Kecil :
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
2. Terjadi kondensasi dan pembentukan awan.
3. Turun hujan di permukaan laut.   
B.   Siklus Sedang :
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
2. Terjadi kondensasi.
3. Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat.
4. Pembentukan awan.
5. Turun hujan di permukaan daratan.
6. Air mengalir di sungai menuju laut kembali.
C.   Siklus Panjang / Siklus Besar :
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
2. Uap air mengalami sublimasi.
3. Pembentukan awan yang mengandung kristal es.
4. Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat.
5. Pembentukan awan.
6. Turun salju.
7. Pembentukan gletser.
8. Gletser mencair membentuk aliran sungai.
9. Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut.
Daur air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu. Air dari sungai, danau, laut, rawa, serta hasil transpirasi tumbuhan akan menguap membentuk awan. Awan ini adalah hasil kondensasi atau perubahan uap air kembali menjadi tetesan air. Ketika uap air semakin banyak dan menjadi air, terjadilah pendinginan. Kemudian, air turun ke permukaan bumi sebagai air hujan. Air hujan ini kembali menjadi air sungai, danau, laut dan air tanah yang terdapat di Bumi.




Bencana Alam yang Terjadi di Indonesia
Apa itu bencana alam? Tahukah kamu contoh dari bencana alam? Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Indonesia merupakan negara yang sangat rawan dengan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor, banjir dan topan. Sekitar 13 persen gunung berapi dunia yang berada di kepulauan Indonesia berpotensi menimbulkan bencana alam dengan intensitas dan kekuatan yang berbeda-beda.
Tumbuhan kecil dan pohon-pohon besar menyerap air. Jika pohon-pohon itu ditebang, tidak ada lagi yang dapat menyerap air. Air hujan akan langsung turun dari atas bukit dengan kecepatan tinggi sehingga terjadilah banjir yang diikuti longsor. Banjir juga dapat disebabkan saluran air yang tersumbat sampah sehingga air meluap. Bencana banjir, longsor dan kekeringan ini sebenarnya dapat dicegah. Melakukan gerakan reboisasi adalah salah satu cara pencegahan bencana tersebut. Dan cobalah kamu memberi usulan lainnya untuk mencegah banjir.



Lampiran II
Media





Add caption








Lampiran III

LKS
Lembar Kerja Kelompok
Proses Daur Air
Mengapa dilakukan?
Agar kamu dapat mengetahui proses daur air.
Ikuti langkah kerja berikut.
Marilah kita amati gambar berikut.



Add caption




 Diskusikanlah pertanyaan berikut untuk mendapatkan kesimpulan.
Ceritakanlah tentang daur air di Bumi. Buatlah bagannya.




Lembar Kerja Individu
Kerjakanlah pada buku latihanmu.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1.             Persediaan air terbanyak di Bumi terdapat di...
a.       Udara                       c. Sungai
b.      Laut                         d. Tanah
2.             Di dalam sumur dapat diperoleh air...
a.       Permukaan               c. Es
b.      Asin                          d. Tanah
3.             Dalam daur air, air sungai yang menguap akan berubah menjadi...
a.       Hujan                       c. Air tanah
b.      Awan                       d. Air permukaan
4.             Banjir dapat disebabkan oleh...
c.       Penebangan pohon   c. Penanaman pohon
d.      Letusan gunung       d. Perubahan musim
5.             Bencana alam yang seharusnya dapat dicegah manusia adalah....
a.       Banjir                       c. Gempa bumi
b.      Gunung meletus       d. Topan badai
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar.
1.             Tuliskan pentingnya air bagi kehidupan.
2.             Apakah keuntungan sisa letusan gunung berpai pada lahan pertanian?
3.             Jelaskan kerugian yang ditimbulkan akibat adanya banjir bagi manusia.



Lampiran IV
Kunci Jawaban
Lembar Kerja Kelompok
Gambar pada kegiatan tersebut menunjukkan daur air. Daur air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu. Air dari sungai, danau, laut, rawa, serta hasil transpirasi tumbuhan akan menguap membentuk awan. Awan ini adalah hasil kondensasi atau perubahan uap air kembali menjadi tetesan air. Ketika uap air semakin banyak dan menjadi air, terjadilah pendinginan. Kemudian, air turun ke permukaan bumi sebagai air hujan. Air hujan ini kembali menjadi air sungai, danau, laut dan air tanah yang terdapat di Bumi.




             





 
Lembar Kerja Individu
·      Pilihan Ganda
1.    b
2.    d
3.    b
4.    a
5.    a
·      Esai
1.    Air digunakan untuk pertanian, industri, perumahan, mandi, minum dan mencuci.
2.    Tanah menjadi subur.
3.    Merusak bangunan dan alat yang terendam.



Lampiran V
Format Penilaian

Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai akhir
Tanggung jawab
Kerja sama
Tenggangrasa
partisipasi
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















































































































Keterangan :
1.      Kurang baik
2.      Baik
3.      Sangat baik
Nilai : Skor perolehan X 10
           Skor Maksimal

Penilaian Hasil
No
Nama Siswa
Nilai




























1 komentar:

Ruffy Ditty mengatakan...

Nice blog...

Poskan Komentar

Tata Surya

Proposal PKM-K Rumah Kreatif PGSD

Teori Probabilitas

ELTRAMUS PGSD

Listen Al-Qur'an

Listen to Quran

Game

Akuarium Ku

Free Music Sites
Free Music Sites

Free Music Sites at divine-music.info

Labels

Entri Populer