RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KONTEKSTUAL
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : V / 2
Topik / Kegiatan : Daur Air dan Peristiwa Alam
Waktu : 2 x 35
menit ( 1 kali pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi :
Siswa memahami perubahan yang
terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
B.
Kompetensi
Dasar :
a.
Mendiskripsikan proses daur air.
b.
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.
C.
Indikator :
a. Mendeskripsikan
proses daur air.
b. Menyebutkan peristiwa
alam yang sering terjadi di Indonesia.
D.
Tujuan
pembelajaran
a.
Siswa dapat mendeskripsikan proses daur air.
b.
Siswa dapat menyebutkan peristiwa alam yang sering
terjadi di Indonesia.
E.
Materi
Pelarajaran
a.
Daur air dan pengaruhnya bagi manusia.
b.
Bencana alam yang terjadi di Indonesia
.
F.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan CTL.
b.
Ceramah digunakan saat melakukan tugas
rutin pada awal dan akhir pembelajaran.
c.
Tanya jawab digunakan saat melakukan
tugas rutin pada awal pembelajaran, mengadakan apersepsi dan menyimpulkan
materi.
d.
Ekspositori
digunakan saat menyajikan materi pokok.
e.
Pemberian
tugas dilakukan saat latihan soal dan memberikan pekerjaan rumah.
G.
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1.
Guru
memasuki ruang kelas yang akan diteliti setelah bel berbunyi.
2.
Guru
membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan dengan berdoa, kemudian menanyakan
siswa yang tidak hadir.
Apersepsi
: Tahukah kamu apakah daur air itu? Bagaimana daur air di Bumi?
b. Kegiatan Inti
1.
Guru membagi siswa menjadi lima kelompok.
2.
Guru menginstruksikan kepada setiap kelompok untuk memahami
petunjuk tentang proses daur air dan mendiskusikan, kemudian membuat kesimpulan
tentang proses daur air di Bumi.
3.
Setelah 30 menit semua kelompok mempresentasikan hasil
diskusi mereka di depan kelompok yang lain dan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Guru memberi komentar tentang hasil diskusi masing-masing
kelompok dan membuat kesimpulan.
5.
Sebagai kegiatan terakhir, guru menjelaskan tentang proses
daur air dan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
6.
Sebagai kegiatan akhir, guru dan siswa bersama-sama
membuat kesimpulan.
c. Kegiatan Akhir
1.
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu yang berkaitan
dengan proses daur air dan peristiwa alam yang telah diciptakan guru, agar pembelajaran
yang mereka alami betul-betul menyenangkan dan berkesan bagi mereka.
2.
Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa.
3.
Menyampaikan materi yang akan disamapaikan pada
pertemuan berikutnya.
H.
Alat / Bahan
/ Sumber Belajar
1.
Gambar atau bagan proses daur air.
2.
Gambar peristiwa alam.
3.
Buku Smart in
Science for Grade V of Primary School, Penerbit Grafindo hal. 193-206.
4.
Lembar
kerja siswa (LKS).
5.
Lingkungan
sekitar.
I.
Penilaian
1.
Jenis
Tes
tertulis.
2.
Prosedur
Penilaian
pada akhir pembelajaran.
3.
Soal
/ instrumen
a.
Latihan.
b.
Pekerjaan
rumah
LAMPIRAN
Lampiran I : Rangkuman Materi
Lampiran II : Media
Lampiran III : LKS
Lampiran IV : Kunci jawaban
Lampiran V : Format Penilaian
.............., ...... ................. ..........
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
.............................................. .................................................
NIP. ...................................... NIP.........
Lampiran I
Rangkuman Materi
SIKLUS AIR
Air adalah
sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi. Secara umum
banyaknya air yang ada di planet ini adalah sama walaupun manusia, binatang dan
tumbuhan banyak menggunakan air untuk kebutuhan hidupnya. Jumlah air bersih
sepertinya tidak terbatas, namun sebenarnya air mengalami siklus hidrologi di
mana air yang kotor dan bercampur dengan banyak zat dibersihkan kembali melalui
proses alam.
Proses
siklus hidrologi berlangsung terus-menerus yang membuat air menjadi
sumber daya alam yang terbaharui. Jumlah air di bumi sangat banyak baik dalam
bentuk cairan, gas / uap, maupun padat / es. Jumlah air seakan terlihat semakin
banyak karena es di kutub utara dan kutub selatan mengalami pencairan
terus-meners akibat pemanasan global bumi sehingga mengancam kelangsungan hidup
manusia di bumi.
Macam-Macam
dan Tahapan Proses Siklus Hidrologi :
A. Siklus
Pendek / Siklus Kecil :
1. Air laut
menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
2. Terjadi
kondensasi dan pembentukan awan.
3. Turun hujan di permukaan laut.
B. Siklus
Sedang :
1. Air laut
menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
2. Terjadi
kondensasi.
3. Uap
bergerak oleh tiupan angin ke darat.
4.
Pembentukan awan.
5. Turun
hujan di permukaan daratan.
6. Air
mengalir di sungai menuju laut kembali.
C. Siklus
Panjang / Siklus Besar :
1. Air laut
menguap menjadi uap gas karena panas matahari.
2. Uap air
mengalami sublimasi.
3.
Pembentukan awan yang mengandung kristal es.
4. Awan
bergerak oleh tiupan angin ke darat.
5.
Pembentukan awan.
6. Turun
salju.
7.
Pembentukan gletser.
8. Gletser
mencair membentuk aliran sungai.
9. Air
mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut.
Daur air
adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola
tertentu. Air dari sungai, danau, laut, rawa, serta hasil transpirasi tumbuhan
akan menguap membentuk awan. Awan ini adalah hasil kondensasi atau perubahan uap air kembali menjadi tetesan air.
Ketika uap air semakin banyak dan menjadi air, terjadilah pendinginan.
Kemudian, air turun ke permukaan bumi sebagai air hujan. Air hujan ini kembali
menjadi air sungai, danau, laut dan air tanah yang terdapat di Bumi.
Bencana Alam yang Terjadi di Indonesia
Apa
itu bencana alam? Tahukah kamu contoh dari bencana alam? Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung
berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Indonesia
merupakan negara yang sangat rawan dengan bencana alam seperti gempa bumi,
tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor, banjir dan topan. Sekitar 13 persen gunung berapi dunia
yang berada di kepulauan Indonesia berpotensi menimbulkan bencana alam dengan
intensitas dan kekuatan yang berbeda-beda.
Tumbuhan kecil dan pohon-pohon besar menyerap air.
Jika pohon-pohon itu ditebang, tidak ada lagi yang dapat menyerap air. Air
hujan akan langsung turun dari atas bukit dengan kecepatan tinggi sehingga
terjadilah banjir yang diikuti longsor. Banjir juga dapat disebabkan saluran
air yang tersumbat sampah sehingga air meluap. Bencana banjir, longsor dan
kekeringan ini sebenarnya dapat dicegah. Melakukan gerakan reboisasi adalah
salah satu cara pencegahan bencana tersebut. Dan cobalah kamu memberi usulan
lainnya untuk mencegah banjir.
Lampiran II
Media
|
Add caption |
Lampiran
III
LKS
Lembar
Kerja Kelompok
Proses Daur Air
Mengapa dilakukan?
Agar kamu dapat mengetahui proses daur air.
Ikuti langkah kerja berikut.
Marilah kita amati gambar berikut.
Add caption |
Diskusikanlah pertanyaan berikut untuk mendapatkan
kesimpulan.
Ceritakanlah
tentang daur air di Bumi. Buatlah bagannya.
Lembar
Kerja Individu
Kerjakanlah pada buku latihanmu.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1.
Persediaan air
terbanyak di Bumi terdapat di...
a.
Udara c. Sungai
b.
Laut d. Tanah
2.
Di dalam sumur
dapat diperoleh air...
a. Permukaan c.
Es
b. Asin d.
Tanah
3.
Dalam daur air,
air sungai yang menguap akan berubah menjadi...
a. Hujan c.
Air tanah
b. Awan d.
Air permukaan
4.
Banjir dapat
disebabkan oleh...
c. Penebangan pohon c.
Penanaman pohon
d. Letusan gunung d.
Perubahan musim
5.
Bencana alam
yang seharusnya dapat dicegah manusia adalah....
a. Banjir c.
Gempa bumi
b.
Gunung meletus d. Topan badai
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan
benar.
1.
Tuliskan
pentingnya air bagi kehidupan.
2.
Apakah
keuntungan sisa letusan gunung berpai pada lahan pertanian?
3.
Jelaskan
kerugian yang ditimbulkan akibat adanya banjir bagi manusia.
Lampiran IV
Kunci
Jawaban
Lembar Kerja Kelompok
Gambar pada
kegiatan tersebut menunjukkan daur air. Daur air adalah perubahan yang terjadi
pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu. Air dari sungai, danau,
laut, rawa, serta hasil transpirasi tumbuhan akan menguap membentuk awan. Awan
ini adalah hasil kondensasi atau
perubahan uap air kembali menjadi tetesan air. Ketika uap air semakin banyak
dan menjadi air, terjadilah pendinginan. Kemudian, air turun ke permukaan bumi
sebagai air hujan. Air hujan ini kembali menjadi air sungai, danau, laut dan air
tanah yang terdapat di Bumi.
Lembar Kerja Individu
·
Pilihan Ganda
1.
b
2.
d
3.
b
4.
a
5.
a
·
Esai
1.
Air digunakan
untuk pertanian, industri, perumahan, mandi, minum dan mencuci.
2.
Tanah menjadi
subur.
3.
Merusak bangunan
dan alat yang terendam.
Lampiran V
Format
Penilaian
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai akhir
|
|||||||||||
Tanggung jawab
|
Kerja sama
|
Tenggangrasa
|
partisipasi
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
Keterangan :
1. Kurang baik
2. Baik
3. Sangat baik
Nilai : Skor
perolehan X 10
Skor Maksimal
Penilaian
Hasil
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
2 komentar:
Nice blog...
mantap...
Posting Komentar